Komponen Implementasi E-Business

Diagram pada gambar di bawah ini menyatakan hubungan dan ketergantungan antara komponen komponen implementasi yang terlibat, dalam koordinasi antar stakeholder dan hirarki antar komponen tersebut


1. Manajemen Pengembangan Strategi e-Business
Untuk memperoleh proses pengembangan yang terbuka, perlu penyebarluasan dan promosi promosi terhadap unit pekerjaan yang potensial dan telah disepakati bersama. Hal ini akan memungkinkan koordinasi terhadap aktivitas pengembangan strategi dan menghindari duplikasi usaha dan overlap dari unit pekerjaan tersebut.

2. Kebutuhan Pengguna Bisnis
Strategi e-Business seharusnya fokus terhadapa kebutuhan:
i. Pengguna, baik skala besar maupun kecil, dari kalangan industri dan suatu negara pada sektor publik dan swasta
ii. Penyedia software yang ingin melakukan produknya terhadap strategi yang ditetapkan.

3. Lingkup Standar e-Business
Pekerjaan yang diajukan, terutama untuk ruang lingkup yang lebih luas, memerlukan penetapan prioritas dan koordinasi secara efektif. Suatu group yang melakukan tugas ini akan berupaya mendapatkan sumberdaya, termasuk partisipan dari organisasi yang mengidentifikasi dan menyatakan kebutuhan bisnis, untuk mengelola pemodelan proses bisnis dan aktivitas kumpulan komponen informasi.

4. Pengembangan Standar Bisnis
Pengembangan strategi e-Business akan berpijak pada proses administratif yang terdefinisi secara jelas, praktis, terfokus pada kesederhanaan dan standarisasi, bertujuan untuk mencapai kecepatan dan kepastian.

5. Pengkajian Bisnis antar Domain, Harmonisasi dan Persetujuan
Pemodelan proses bisnis dan komponen informasi harus dikaji antar domain, di-harmonisasi-kan dan mendapatkan persetujuan dari pihak yang berwenang, untuk:
• Melakukan harmonisasi antar industri;
• Menghindari duplikasi;
• Mengontrol lingkup pekerjaan
• Meyakinkan kesesuaian terhadap metodologi yang disepakati.

6. Impementasi Pengguna Bisnis
Strategi e-Business tidak akan banyak berguna apabila pengguna bisnis tidak menggunakannya, menolaknya, dan jika software yang digunakan secara luas tidak mengenalinya.

Komentar

Postingan Populer